Jumat, 22 Mei 2009

Mengapa ada AGAMA

suatu ketika ada seorang bertanya kepada bapaknya,"bapak mengapa kita harus beragama selama hidup ini?"...sesaat sang bapak terdiam, oh anakmu belum waktunya kamu mengetahuinya sekarang, kelak kamu akan tahu alasannya mengapa kita harus punya agama. setelah anak itu dewasa ia terus mencari jawapan dari pertayaan yg pernah ia ajukan 24 tahun yg lalu...tapi tak seorang pun mampu memberikan jawaban yg menentramkan jiwa. terdengarlah seorang alim yg termahsyur keilmuan agamanya...dengan penuh harap, sang pemuda datang ke pada sang alim tadi..sambil bertanya " tuanku yg alim, sekiranya anda bisa memberiku jawaban atas pertayaan ini, "silahkan wahai hamba Alloh yg diRahmati. jawab sang alim. manusia tercipta lalu hidup di dunia dengan berbagai cerita hidupnya, akan tetapi mengapa kita diharuskan memilih agama dalam menjalani hidup, padahal meski tanpa agama manusia akan hidup damai?..duhai..anakku, marilah ikut denganku, sang alim mengajak pemuda tadi berjalan menyusuri persawahan menuju jalan raya ramai, setelah samapai di perempatan jalan yg ada traffic lalu lintas. kemudian sang alim duduk di sebuah kursi panjang sisi sebelah timur dari lampu merah tersebut, wahai anakku..duduklah sini "sambil menyilahkan pemuda duduk. disinilah kamu akan mendapat jawaban pertayaan yg telah kamu binggungkan selama hidupmu...pemuda itu merasa heran dengan cara sang alim menjawab pertayaan, tidak seperti biasanya yg dilakukan pemuka agama lain..dengan diskusi dan pengampunan dosa bahkan ada yg mengutuk pertayaannya itu.
lihat jalan yg ke arah timur itu" sambil menunjuk" sang ahli berkata ' anakku, bisa kamu bayangkan jika lampu lalu lintas itu tidak ada diperempatan jalan? dengan tegas pemuda menjawab "pasti semua orang akan berebut untuk tidak mau mengalah lewat dan tentunya akan terjadi kemacetan total...kamu tahu siapa yg membuat aturan, bila lampu merah artinya berhenti, hijau berarti jalan dan kuning mengingatkan bersiap - siap, lamjut pertayaan dari sang alim. pemuda itu pun menjawab " pasti departemen terkait yg membuatnya, yaitu pihak polisi. menurutmu anakku mengapa polisi membuat aturan lalu lintas dijalan - jalan, kata sang alim. tanpa pikir panjang sang pemuda pun menjawab "agar terciptanya keteraturan, kebersamaan,keselamatan dan penghormatan...nah anakku sekarang pertayaanmu telah engkau jawab sendiri.....lihatlah betapa Agung-Nya ALLOH SWT membuat suatu aturan yg membuat mahluk hidup didunia penuh ketenangan, damai dan keteraturan melalui agama-Nya. apa jadinya bila agama tersebut tidak kita gunakan dalam hidup ini...pastinya akan seperti seorang yg melanggar lampu merah, Tuhan kita amat sangat menyayangi hambanya...dan sekarang semua diserahkan pada hamba itu...mau mengikuti aturan atau diluar aturan tersebut.
bebarapa saat pemuda itu terdiam menyelami makna yg diberikan oleh sang alim, dan sekarang mengertilah mengapa Agama (yg berisi pesan aturan) itu diturunkan ke dunia...semua agama sama pesan yg ingin disampaikannya...tapi mengapa banyak manusia berfikir bahwa agama hanya akan membatasi gerak langkahnya...dan seandainya peraturan lalu lintas tidak ada di jalan, maka apa yg akan terjadi setiap detiknya dijalan tersebu......
bagaimana dengan anda, apakah sudah paham mengapa anda BERAGAMA?

Tidak ada komentar: